Monday, October 31, 2011

Gampang Menyusun Laporan Keuangan Organisasi Nirlaba



Buku ini serupa dengan buku pertama. Menggunakan Template Excel untuk Mengetahui Laba Rugi Usaha Kecil.  Hanya saja kali ini, sasarannya adalah pengelola organisasi nir laba, seperti LSM, pengurus masjid, pengurus gereja, pengelola PAUD, pengelola panti asuhan, pengelola institusi pendidikan (TK, SD, SMP maupun SMA) dan lain sebagainya. 

Laporan keuangan organisasi nir laba (non profit organization) memang berbeda dengan laporan keuangan pada umumnya. Yang paling berbeda adalah laporan laba rugi.Namanya saja organisasi nir laba (tidak mengejar laba). Jadi, tidak ada laporan laba rugi dalam organisasi nir laba. Yang ada, adalah laporan aktivitas.

Buku ini menyediakan template excel untuk mencatat kas masuk kas keluar organisasi sedemikian rupa sehingga otomatis menghasilkan laporan aktivitas (analog dengan laboran laba rugi dalam perusahaan). Jadi, pengguna tidak perlu berurusan dengan rumus dan formula excel ataupun dengan konsep debet kredit akuntansi. Buku ini tepat bagi organisasi lsm yang belum memiliki sistem informasi akuntansi. 

No comments: